Selasa, 24 Maret 2009

KOPI bisa menyebabkan MANDUL



Menurut beberapa sumber, kebanyakan minum kopi tidak bagus buat kesehatan. Penyebabnya ya gak jauh-jauh dari kafein yg terkandung dalam kopi. Sebenarnya gak cuma kopi yg mengandung kafein, dengan kadar yang berbeda-beda ada beberapa minuman lain seperti teh dan minuman bersoda. Rata-rata kadar kafein dalam secangkir kopi 80-125 mg, teh 9-40 mg, dan 1 kaleng minuman bersoda 20-50 mg. Kopi lah yang paling tinggi kadar kafeinnya.

Melalui penelitian, ditetapkan bahwa kadar kafein yang aman adalah 150 mg dalam sehari. Sedangkan dapat mengganggu kesehatan bila dikonsumsi lebih dari 500 mg kafein perhari.kesehatan apa sih yang terganggu bila kelebihan kafein?????

Ternyata si kafein ini kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak memang punya banyak efek jahat. Dari mulai meningkatkan stres, memicu serangan jantung dan peningkatan tekanan darah, gangguan pencernaan bahkan kemandulan pada pria (hati2 lo). Ternyata mengonsumsi kafein terlalu banyak diperkirakan dapat menyebabkan kemandulan pada pria karena dapat menurunkan jumlah sperma ataupun merusaknya (gawat neh)...

Tidak hanya pria, wanita juga perlu waspada karena minum dua cangkir kopi atau lebih per harinya dapat meningkatkan risiko terkena pengeroposan tulang atau osteoporosis. Hasil penelitian lain juga menyebutkan bahwa bila ibu hamil terlalu banyak minum kopi, bayinya mempunyai risiko tinggi terkena epilepsi!!! (serem banget).

Laluu.. kafein juga merupakan salah satu penyebab utama sakit kepalai.. Juga gak ketinggalan dampak pada kesehatan gigi dan mulut, konsumsi kopi bisa menyebabkan timbulnya bau mulut dan dalam jangka waktu yang lama bisa merubah warna gigi (kuning tuh gigi)...

Hmm..ternyata efeknya tidak senikmat rasanya ya.. Buat para pecinta kopi bukannya nakutin lho.. tapi minumlah kopi secara baik dan benar dan yang penting jangan berlebihan.. Memang sesuatu yg berlebihan seringnya jadi gak baik, ya kan??

0 komentar:

Posting Komentar